Inilah 6 Kiat Berhemat Listrik Yang Bisa Anda Tiru

Update Terakhir 3 Apr 2017
| Artikel oleh : Annafi Kirana

Priceza blog competition 2016

Belajar hidup hemat harus ditanamkan sejak dini pada anak kita, setuju? Tapi saat melakukannya tidak semudah mengatakannya. Dan pada umunya orang bingung apa saja yang harus diperketat? Uang makan? Belanja baju? Uang untuk nge-date? atau Hobi? Agar lebih mudah, ayo kita belajar berhemat dari hal-hal yang kecil seperti menggunakan shampoo, parfum, dan listrik. Dan terapkan tips ini agar Anda berhasil dalam menekan beban listrik Anda. Untuk lebih detilnya, pelajari kiat-kiatnya di bawah ini yah...


Hemat Listrik

Kalau tidak memulai dari hal yang kecil biasanya akan merasa kewalahan untuk menerapkan gaya hidup hemat kedepannya. Pemakaian listrik biasanya tidak dipedulikan. Mulai dari Televisi, laptop, men-charge ponsel, mesin cuci, rice cooker dan banyak lagi. Kalau kamu nggak hati-hati dengan penggunaan barang elektronik di rumah, siap-siap kaget dengan tagihan listrik yang tinggi.

Yuk belajar menghemat pemakaian listrik di rumah, biar nggak bingung simak langkah-langkahnya di bawah ini.

 

1. Cabut Kabel Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Saya sering melihat keadaan dimana kabel TV, kipas atau rice cooker masih tertancap di saklar padahal sedang tidak dipakai. Alasan umum mereka melakukannya adalah 'Biar praktis, langsung nyala'. Kebiasan membiarkan kabel tertancap di saklar walaupun sedang tidak digunakan harus dihindari karena sama saja dengan buang-buang listrik.

Kok gitu? Ternyata listrik tetap mengalir dari kabel ke peralatan elektronikmu. Jangan bingung kenapa tagihanmu belum mengalami penurunan kalau masih melakukan kebiasaan ini.

 

2. Ganti Lampu LED

Saat lampu LED (Light Emitting Dioda) baru keluar harganya memang tinggi, namun sekarang banyak produsen lampu LED menawarkan harga yang lebih murah. Manfaat lampu LED adalah hemat energi, terang dan tidak panas dan tahan lama. Kualitas cahaya dari lampu LED juga bisa menggantikan lampu biasa karena bisa menghasilkan warna benda yang natural.

Dengan lampu LED yang mampu mengeluarkan cahaya yang setara dengan lampu biasa dengan daya listrik lebih hemat. Dengan lampu LED berdaya 4 watt sudah mencukupi penerangan kamar tidur dan kamar mandi. Untuk ruangan yang lebih besar seperti ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga kamu bisa mencoba lampu LED berdaya 7 watt ke atas.

Toko online menjual lampu LED dengan harga lebih murah ketimbang harga di toko elektronik, kenapa nggak belanja online saja?

Dan biasakan untuk cek harga sebelum berbelanja, biar hemat waktu kamu harus kunjungi website Priceza Indonesia. Kenapa Priceza? Di sana kamu akan mendapatkan kemudahan dalam membandingkan harga suatu barang yang dijual online. Asyik kan?

Baca juga: 9 Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama Seharian

 

3. Hemat Pemakaian Lampu

Karena sudah menggunakan lampu LED bukan berarti kamu bisa sesuka hati menyalakannya. Kalau bisa nyalakan lampu pada menjelang malam hari atau saat cuaca mendung. Nyalakan lampu pada jam 18.00 dan matikan saat pagi tiba yakni jam 6.00 Lalu jangan lupa mematikan lampu kamar atau ruangan yang hendak kamu tinggalkan. Kalau bisa lebih hemat kenapa nggak?
 

4. Gunakan AC Dengan Bijak

Untuk yang tinggal di daerah yang panas pasti membutuhkan AC. Tapi bukan berarti AC harus dinyalakan nonstop karena penggunaan listrik untuk si pendingin ini cukup besar. Pilihlah AC hemat energi dengan kemampuan menaik turunkan suhu saat tak ada orang dalam ruangan. Jadi kamu nggak perlu terus menyalakannya padahal nggak ada siapa-siapa di dalam ruangan.
 

5. Hemat Dengan Kulkas

Kalau ada anak kecil di rumah, ingatkan mereka untuk tidak memainkan pintu kulkas. Lalu kurangi kebiasaan meninggalkan kulkas dalam keadaan terbuka dalam waktu yang lama karena mesin akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu di dalam dan di luar kulkas yang mengakibatkan penggunaan listrik yang banyak.

Baca juga: Cara Beli Elektronik Untuk Menghemat Tagihan Listrik Bulanan

 

6. Matikan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Matikan lampu, AC atau kipas di ruangan yang tidak ditempati, matikan TV ketika tak ada lagi yang menonton. Selain menghemat penggunaan listrik tidur tanpa cahaya lampu juga dianjurkan karena sarafmu lebih rileks dan nggak terdorong untuk bekerja saat ruangan dalam keadaan gelap.
 
Mengubah kebiasaan memang sulit namun tak akan ada perubahan kalau tak mau mencoba. Kalau nggak dari sekarang kapan lagi?

Mau artikel kamu di baca oleh banyak orang?
Gabung jadi kontributor Priceza, yuk! Caranya mudah dan bisa kamu lihat disini.
 
line priceza_id
 
Mau terus update dengan promo dan penawaran menarik? Add Line kita di @priceza_id
 
Annafi Kirana
Kontributor
Lifestyle Expert Health Expert
Saya suka menulis, dari cerpen sampai artikel. Hobi membaca hal-hal berbau kesehatan, gadget dan life style. Kata orang saya random: suka hal berbau Jepang tapi kuliah sastra Inggris. Walaupun pengelihatan saya kurang tapi saya gigih untuk tetap berkarya!

Artikel terkait

Bagikan komentarmu

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook