9 Tips Berbusana untuk Pria Saat Pertama Kali Wawancara Kerja

Update Terakhir 20 Jul 2017

tips berpakaian pria

Menghadiri wawancara kerja memang menjadi hal yang paling ditunggu. Tentu saja kamu juga harus mempersiapkan momen ini sebaik-baiknya. Banyak yang beranggapan bahwa pria tidak seharusnya terlalu repot dalam menyiapkan penampilan untuk menghadiri wawancara kerja. Padahal, tentu saja kesan pertama merupakan hal yang penting diperhatikan oleh seorang pria saat akan wawancara. Tidak perlu bermodal mahal-mahal, kamu juga bisa tampil rapi dan lebih cemerlang dalam wawancara dengan cara yang sederhana.


Salah satu keuntungan fashion pria adalah modelnya yang cenderung masih sama dari masa ke masa. Tidak ada perubahan yang terlalu nyata. Selain itu, seorang pria juga lebih mudah dalam memadu padankan pakaian karena tidak terlalu rumit. Hal ini yang akan memudahkan kamu dalam memilih jenis pakaian untuk menghadiri wawancara kerja. Berikut adalah beberapa item pakaian yang bisa Anda kenakan untuk menghadiri sebuah wawancara kerja:
 
1. Siapkan Kemeja Kerja
Tentu saja saat akan menghadiri sebuah wawancara kerja, kamu wajib mengenakan kemeja untuk menampilkan kesan profesional. Saat memilih, pilihlah jenis kemeja yang slim fit agar kemeja terlihat pas digunakan tanpa terlihat terlalu kebesaran maupun kekecilan.
 
harga kemeja formal pria

tips berpakaian untuk pria

Tidak ketinggalan, pilhlah kemeja yang memiliki warna klasik dan bisa juga disertai dengan motif yang tidak terlalu berlebihan. Misalnya, kamu bisa memilih kemeja kerja motif kotak-kotak berwarna biru muda, atau kamu juga bisa memilih kemeja kerja polos berwarna putih.

Ingat ya, lapisi dengan kaos polos terlebih dahulu agar terlihat lebih sopan. Jangan lupa untuk menyetrika kemeja terlebih dahulu agar terlihat rapi. Jika memang kantor yang mengundang wawancara dikenal memiliki lingkungan kerja yang lebih formal lagi, jangan lupa lengkapi kemeja kerja yang kamu kenakan dengan dasi juga.
 
Hindari: menggunakan kaos / t-shirt. Jangan terlalu santai, bahkan hindari menggunakan polo shirt karena akan membuat tampilanmu terlalu santai dan tidak formal.

 
2. Memakai Celana Kain yang Sesuai Ukuran
Pasangan kemeja kerja agar menjadi lebih rapi adalah celana kain. Kamu bisa memilih celana kain berwarna hitam, biru donker, maupun warna abu-abu agar bisa juga dipakai untuk momen penting lainnya.
 
harga celana bahan pria
tips berpakaian untuk pria

Saat memilih celana kain, kamu juga harus memilih dengan tepat. Memilih celana kain yang terlalu lebar bisa membuatmu terlihat berantakan, namun bila terlalu ketat malah bisa membuatmu menjadi tidak nyaman juga. Untuk mengetahui cara memilih celana kain yang tepat, kamu bisa menyimak poin-poin berikut:
 
  • Memilih ukuran pinggang yang tepat
Cara satu-satunya untuk memilih ukuran pinggang yang tepat untuk celana kainmu adalah dengan mencobanya langsung. Kamu bisa mengetahui ukuran tersebut tepat / tidak dengan melihat apakah celana tersebut mudah untuk dikancing / dirisleting. Pastikan celana kain yang kamu gunakan pas di pinggang dan tidak gampang melorot.
 
  • Memilih tinggi pinggang (biasa disebut rise)
Ada beberapa jenis rise yaitu low-rise, mid-rise, dan high-rise. Pilihlah sesuai dengan kenyamananmu.
 
  1. Low-rise: saat dipakai celana akan terletak di bawah pinggul, lebih cocok untuk kamu yang berbadan kurus
  2. Mid-rise: saat dipakai celana akan terletak pas di bagian pinggul, atau naik sedikit di atasnya, cocok untuk kamu yang lebih berisi / tidak terlalu kurus.
  3. High-rise:  saat dipakai celana akan terletak lebih tinggi, yaitu berada di sekitar pusar.
 
Hindari: menggunakan celana jeans atau celana pendek. Meskipun saat ini banyak perusahaan startup yang tidak menuntutmu untuk tampil dengan sangat formal, tetap saja jangan menggunakan celana jeans atau celana pendek untuk menunjukkan profesionalitasmu.

Baca juga: 
Panduan Busana Fashion Pria Bergaya Classy Terkini
 
3. Pakai Blazer Bila Perlu
Lapisi kemeja kerja yang sudah kamu gunakan dengan sebuah blazer. Meskipun tidak wajib, namun biasanya blazer bisa menambahkan kesan yang lebih profesional bagi penampilanmu. Pilihlah warna-warna yang standar seperti cokelat, hitam, atau biru gelap karena warna-warna ini bisa langsung dipadukan dengan kemeja warna apapun. Jika ingin lebih formal lagi, kamu bisa memadukannya dengan sebuah dasi. Namun jika kamu memilih tampilan yang lebih informal, tidak ada salahnya juga jika kamu tidak memadukannya dengan dasi.
 
harga blazer pria

tips berpakaian untuk pria
 
Hindari: mengenakan jaket kulit saat wawancara kerja, selalu gunakan blazer sebagai luaran. Jika kamu memang ingin menggunakan opsi lain, kamu bisa memilih sweater agar lebih santai.

 
4. Gunakan Dasi sebagai Pelengkap Kemeja
Dasi memang perlu dikenakan jika kamu ingin tampil jauh lebih rapi. Namun saat memilih dasi sebaiknya kamu memilih dasi yang tidak terlalu mencolok. Banyak corak dasi yang lucu-lucu, dan sebaiknya jenis ini digunakan untuk saat-saat lain yang jauh lebih santai. Pilhlah dasi yang polos atau dengan corak yang sederhana seperti garis-garis saja. Hindari juga dasi pita / bow tie saat menghadiri wawancara kerja.
 
harga dasi pria

tips berpakaian untuk pria
 
5. Menggunakan Ikat Pinggang
Ikat pinggang juga perlu dikenakan agar tampilanmu lebih rapi. Ada berbagai macam gesper ban pinggang yang bisa kamu pilih. Saat memilh, sebaiknya kamu menyesuaikan warnanya dengan warna sepatu yang akan kamu pakai. Misalnya, kamu akan mengenakan sepatu berwarna cokelat, maka gunakanlah ikat pinggang berwarna senada pula. Hal ini bisa dibilang sebagai resep paling penting saat akan memilih sabuk pinggang untuk penampilanmu.
 
harga ikat pinggang

tips berpakaian untuk pria
 
6. Mengenakan Sepatu Pantofel
Sepatu seringkali menjadi aksesoris yang kurang diperhatikan oleh para pria karena dianggap tidak terlalu terlihat. Padahal jika kamu bisa menaruh perhatian lebih, sepatu bisa menunjang penampilan keseluruhan juga. Kalau tidak mau terlalu kesulitan, kamu bisa memilih sepatu pantofel model Oxford, yang sedang populer saat ini. Sepatu Oxford memang diminati karena sifatnya yang semi-casual. Khusus untuk wawancara kerja, pilihlah sepatu pantofel yang berwarna hitam agar lebih formal.
 
harga sepatu pantofel

tips berpakaian untuk pria
 
Kebanyakan orang memilih sepatu pantofel tanpa tali sepatu, namun sesungguhnya kamu bisa juga mempertimbankan jenis sepatu pantofel Oxford dengan tali agar terlihat lebih menarik. Untuk jenis ujung sepatu, kamu bisa memilih baik yang berbentuk kotak maupun lancip di ujung (seperti sepatu Oxford pada umumnya), pilihlah sesuai dengan seleramu dan bentuk kaki. Biasanya jika kaki lebih lebar, akan lebih nyaman jika dipadukan dengan sepatu dengan bagian ujung yang berbentuk kotak.
 
Hindari: menggunakan running shoes maupun snearkers, karena akan membuat tampilanmu sangat tidak profesional. Satu-satunya cara untuk berpenampilan lebih santai untuk wawancara kerja adalah dengan menggunakan Oxford shoes.

 
7. Memangkas Rambut dan Menata dengan Rapi
Sebelum menghadiri wawancara kerja, pastikan kamu sudah memangkas rapi rambutmu. Idealnya, seorang pria memang harus memangkas rambutnya 3-4 minggu sekali. Jika kamu memang belum memangkas rambutmu pada periode tersebut, ada baiknya untuk merapikan rambut terlebih dahulu. Jika memang belum sempat, namun potongan rambutmu masih cukup rapi, kamu bisa menata rapi rambutmu dengan gel atau pomade.
 
harga pomade
tips berpakaian untuk pria
 
8. Mencukur Kumis, Janggut, dan Jambang
Saat akan menghadiri wawancara kerja, memang sebaiknya kamu tampil bersih tanpa kumis dan janggut. Pada bagian janggut maupun jambang pada khususnya, potongan yang tidak beraturan atau terlalu panjang dan lebat bisa membuat kesan yang cukup berantakan. Sebaiknya, bersihkan dulu bagian janggut dan jambang (serta kumis jika perlu) di pagi hari sebelum menghadiri wawancara kerja. Jika memang kamu merasa lebih percaya diri dengan janggut & jambang, pastikan bentuknya lebih teratur dan tidak berantakan.
 
harga electric shaver

tips berpakaian untuk pria
9. Menggunakan Parfum yang Cukup
Banyaknya varian parfum juga belum tentu sesuai di indra penciuman setiap orang, jadi meskipun tercium wangi menurutmu, belum tentu wangi menurut orang lain. Maka dari itu, sebenarnya penggunaan parfum juga bukan merupakan hal yang wajib saat akan menghadiri wawancara kerja. Jika memang ingin menggunakan parfum, pastikan kamu memakai secukupnya saja. Cukup semprotkan di bagian dada serta pergelangan tangan saja. Tidak perlu semprot sampai keseluruhan kemeja yang kamu kenakan, ya. Terlalu wangi bisa membuat pewawancara jadi pusing!

harga parfum pria
tips berpakaian untuk pria
 


Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga di Priceza sebelum berbelanja, ya!


priceza indonesia instagram priceza line

Follow Instagram dan Line Priceza untuk mendapatkan update dan promo menarik lainnya!

Harga Kemeja Pria

Harga Celana Formal Pria

Harga Blazer Pria

Harga Dasi Pria

Harga Ikat Pinggang Pria

Harga Sepatu Pantofel Pria

Harga Produk Perawatan Rambut Pria

Harga Electric Shaver