3 Tips Beradaptasi Dengan Teman Satu Kamar Hostel!

Update Terakhir 3 Apr 2017
| Artikel oleh : Fika Anaira

Priceza blog competition 2016

Hostel adalah penginapan dengan sistem yang mana kita sharing room dengan 4, 6, 8 hingga 16 orang setiap kamarnya . Harga hostel ditentukan dari seberapa banyak orang yang sharing room. Semakin banyak orang, maka harganya semakin murah. Hostel adalah sarana untuk menekan budget penginapan agar kamu bisa menghemat ongkos menginap. Dengan begitu banyaknya orang, tentu kamu perlu beradaptasi dengan yang lain. Ingin menambah wawasan beradaptasimu? Yuk, baca artikel tentang pengalamanku disini yah...


Tips Menginap di Hostel
 
Dengan harga hostel yang lebih murah dibandingkan hotel, tentu ada kenyamanan yang harus kamu korbankan. Kamu harus berbagi fasilitas, dan rela tidur di ranjang bersusun. Terkadang jika kamu apes maka akan mendapatkan teman yang suka menang sendiri, meletakkan barang sembarangan dan berbicara dengan volume keras.

Nah, kamu harus beradaptasi dengan lingkungan hostel, jika tidak maka kamu akan bete sendiri selama tinggal di hostel tersebut. Ngga mau kan di cap sombong oleh wisatawan dari Negara lain.


Baca juga: 5 Jenis Penginapan Pilihan Para Backpacker Sejati!

Berikut Tips Beradaptasi Dengan Teman Satu Kamar Hostel
 

1. Berkenalan dengan Teman Sekamar

Sistem yang diterapkan di Hostel adalah kekeluargaan bukanlah individual karena sistemnya yang sharing room. Untuk masuk ke kamar hostel kamu harus berkenalan dengan teman sekamarmu, minimal kamu harus mengenal dengan teman yang tidur diatas atau dibawah bed kamu, dan kiri kanan bed kamu. Setelah itu kamu bisa berkenalan dengan seluruh teman sekamar.
 
Jika kamu tinggal beberapa hari di Hostel sudah pasti kamu akan berganti-ganti teman setiap hari dan bisa juga kamu tinggal dengan beberapa orang yang sama. Setelah berkenalan ajaklah basa-basi dengan menanyakan tempat tinggal dan itinerary selama traveling, dari obrolan tersebut maka akan mengalir pembericaan yang nyaman.

 

2. Mengajak Breakfast

Di hostel biasanya akan disediakan breakfast secara gratis. Meskipun menu yang disajikana adalah breakfast dengan roti, telur dan susu, tetapi jangan sia-siakan untuk melewatkannya. Ajaklah teman sekamarmu untuk breakfast bersama-sama. Carilah tempat duduk bersama dan mengobrol bersama. Tentu nantinya kamu akan betah tinggal di hostel karena akan memiliki teman.
 
Namun jika kamu tidak mengajak teman breakfast bersama karena teman sekamarmu masih tidur, kamu bisa mencari teman ketika di ruang makan. Carilah tempat duduk dengan sharing meja dengan teman barumu yang juga sedang sendirian. Lumayan kan dapat teman baru, dibandingkan duduk makan sendiri.

 

3. Rela Berbagi Fasilitas Hostel

Jika kamu berada di hostel maka kamu harus berbagi semua fasilitas mulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang bersama televisi dan ruang makan. Kita harus sadar dengan budget minimalis yang dibayarkan ke hostel, maka kita harus rela berbagi semua fasilitas. Terkadang ketika saya harus menunaikan ibadah sholat shubuh pagi hari, saya harus membuat keributan dengan bangun pagi.

Mulai dari turun ranjang, berjalan ke kamar mandi dan sholat yang tak lazim bagi sebagian traveler non muslim. Agar tidak mengganggu orang lain, saya selalu mengusahakan untuk tidak terlalu membuat berisik dan suara-suara yang dapat menimbulkan kegaduhan.


Baca juga: Cuti Tinggal Sedikit? Liburan ala Flashpacker Yuk!

Sudah siapkah kamu menginap di hostel? Jika kamu masih takut atau tidak nyaman menginap di hostel, maka untuk permulaan adalah pilih kamar yang terdiri dari 4 orang saja dan pilihlah female room jika kamu perempuan.
 
Saat ini saya pun belum berani mengambil tipe mixed room, karena saya masih kurang nyaman berbagi kamar dengan lelaki yang belum saya kenal. Jangan lupa cek harga sebelum belanja online di Priceza Indonesia.

Mau artikel kamu di baca oleh banyak orang?
Gabung jadi kontributor Priceza, yuk! Caranya mudah dan bisa kamu lihat disini.
 
line priceza_id
 
Mau terus update dengan promo dan penawaran menarik? Add Line kita di @priceza_id
 

fika anaira
Kontributor
Lifestyle Expert
Hi... I'm Blogger, based on travel, food and lifesyle. Log on my blog www.diarysivika.com you may get inspiration from the story of my trip and culinary

Artikel terkait

Bagikan komentarmu

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook