Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Membeli iPhone 5 Refurbished!


Update Terakhir 19 Apr 2017
| Artikel oleh : Geki

iPhone sudah dikenal dengan kecanggihan fitur-fitur serta spesifikasi yang terdapat di dalamnya. Tidak ketinggalan, desainnya yang elegan juga membuat iPhone bertaring dibanding para pesaingnya. Hal inilah yang membuat harga iPhone seringkali dibanderol dengan nominal yang cukup mahal. Para peminat iPhone harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan smartphone ini. Untuk menyiasatinya, biasanya mereka akan membeli produk iPhone refurbished agar dapat tetap memiliki produk luncuran Apple Inc. ini.


harga iphone 5 terbaru

 
IPHONE 5 REFURBISHED PALING BANYAK DICARI

Ada beberapa jenis iPhone yang sering dicari produk refurbished-nya. Model paling populer adalah iPhone 5. Smartphone ini menjadi salah satu produk favorit karena fitur dan spesifikasinya yang canggih, namun sayangnya produk ini semakin sulit dicari mengingat banyaknya produk-produk smartphone baru dari Apple yang dikeluarkan dalam beberapa tahun terakhir. Smartphone ini dikenal cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas sehari-hari, harga iPhone 5 juga cukup ramah di kantong. Maka dari itulah, banyak orang yang berusaha untuk mencari iPhone 5 refurbished.
 
Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas sedikit tentang spesifikasi yang ditawarkan oleh iPhone 5. Smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Apple A6 dengan CPU dual-core 1 GHz, RAM 1 GB. iPhone 5 dilengkapi dengan kapasitas memori dalam tiga jenis, yakni 16 GB, 32 GB, dan 64 GB, serta memiliki standby time selama 225 jam.

Smartphone ini ditunjang dengan dual kamera, kamera depan 1.4 MP dan kamera belakang 8 MP. Setahun setelah peluncurannya, iPhone 5 disusul dengan iPhone 5s dan iPhone 5c yang merupakan produk variasinya. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa iPhone 5 menjadi langka. Maka dari itu, mencari iPhone 5 refurbished dianggap bisa menjadi jalan keluar yang tepat.

Baca juga: 
Masyarakat Indonesia Akhirnya Bisa Beli iPhone 7 Secara Resmi!

 
TIPS MEMBELI IPHONE 5 REFURBISHED
 
1. Pilih iPhone 5 dengan kapasitas memori yang besar
Seperti yang telah disebutkan di atas, iPhone 5 masih mampu untuk mengikuti perkembangan iOS sampai saat ini. Hal yang tidak bisa ditampik saat melakukan update pada software tentu saja kapasitas memori internal yang akan termakan cukup banyak.

Maka dari itu, pilihlah iPhone 5 refurbished yang memiliki kapasitas memori cukup besar agar ruang gerak kamu tidak terlalu terbatas. Biasanya perbedaan besar kapasitas memori juga berpengaruh pada harga iPhone 5, namun tidak ada salahnya memilih yang lebih mahal sedikit agar kamu bisa terus mengikuti perkembangan software untuk smartphone ini.

 
2. Gunakan cara sederhana untuk cek
Salah satu modus penipuan yang sering terjadi saat membeli produk refurbished adalah kebohongan pada calon pembeli. Mereka akan dibohongi seakan-akan produk tersebut adalah barang refurbished, padahal sebetulnya adalah barang bekas. Perlu diingat bahwa produk iPhone bekas berarti memang sudah pernah dipakai, dan direparasi serta dijual kembali oleh toko-toko yang tidak beranggungjawab.
 
Sejatinya, produk refurbished bukanlah barang bekas, melainkan barang yang memang betul-betul belum dipakai atau tidak lolos beberapa pengecekan sehingga diperiksa ulang sampai siap kembali diproduksi di pasar dengan embel-embel “refurbished”. Cara mengeceknya cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri:
 
Cek Model Number pada iPhone 5 tersebut. Ikuti langkah-langkah ini: Settings - General - About - Model. Ada beberapa jenis huruf yang tertera dan kamu bisa mengecek produk yang akan dibeli tersebut. 

 
  • berarti Retail Unit, dipakai untuk produk baru.
  • berarti Replacement Unit, kadang juga dipakai untuk produk refurbished.
  • berarti Personalized Unit, untuk edisi atau pemesanan khusus.
  • berarti Refurbished Unit.
 
3. Perhatikan kelengkapan aksesoris
Sekali lagi, iPhone refurbished bukanlah barang bekas. Jadi sudah seharusnya kamu mendapatkan produk dan aksesoris yang baru juga. Kamu akan mendapatkan produk yang masih mulus. Aksesoris yang diberikan biasanya terdiri dari kabel data, earpod, charger dan buku manual.

Baca juga: 
iPhone 8 Rumornya akan Rilis dengan Nama iPhone X
 
4. Kebijakan pengambalian dan garansi
Kebijakan pengembalian iPhone refurbished juga perlu diperhatikan. Hal ini berguna agar kamu tak terlalu cemas apabila smartphone yang di beli tidak berfungsi dengan lancar seperti yang seharusnya. Tanyakan dengan jelas berapa hari masa pengembalian produk jika memang kemudian ada masalah. Selain itu, tanyakan juga perihal garansi. Seharusnya kamu akan mendapatkan garansi selama satu tahun.
 
5. Pilih toko terpercaya
Pastikan untuk selalu membeli iPhone 5 refurbished di toko yang sudah terpercaya, agar kamu bisa tahu langkah apa saja yang harus diambil jika terjadi sesuatu pada iPhone yang di beli. Pembelian di toko yang jelas bisa memudahkanmu  jika mengalamin masalah pada smartphone tersebut di kemudian hari.

Sebenarnya iPhone refurbished ini bisa dibeli langsung dari situs resmi Apple, namun mengingat jauhnya jarak dari Amerika Serikat ke Indonesia, tentunya kamu harus membayar ongkos kirim serta pajak dan bea cukai yang mahal juga. Maka dari itu, untuk menyiasatinya, kamu bisa memanfaatkan situs-situs marketplace pihak ketiga untuk mencarinya.

Cara ini juga memudahkanmu untuk membandingkan harga iPhone 5 refurbished yang murah dan sesuai dengan kantong. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan riset kecil-kecilan, karena kamu pun harus mengetahui kredibilitas toko yang menjualnya. 

harga iphone 5 terbaru


MENGAPA MEMBELI IPHONE 5 REFURBISHED?
 
1. Dapat di-upgrade ke iOS 10
Salah satu kelebihan iPhone 5 adalah kemampuannya untuk menerima upgrade iOS 10. Meskpun sudah diluncurkan sejak 2012 lalu, iPhone 5 masih bisa bertahan dengan teknologi iOS terkini. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan ketinggalan zaman jika memilih untuk membeli iPhone 5 refurbished. Tidak dapat ditampik juga bahwa desain iPhone 5 masih terlihat modern dan mampu bersaing dengan ‘adik-adiknya’, seperti iPhone 6 dan iPhone 7.
 
2. Mampu mendukung jaringan 4G
Sudah sejak bertahun-tahun lalu, Pemerintah mendukung jaringan 4G. Meskipun begitu, iPhone 5 yang sudah diproduksi sejak lama juga tetap mampu mendukung jaringan ini. Bagi kamu yang memiliki kebutuhan internet cukup tinggi, kamu perlu mempertimbangkan smartphone ini.

Tentu saja hal ini perlu disambut dengan antusias, mengingat ada beberapa produk dari brand kompetitor yang tergolong muda, namun kenyataannya belum mampu mendukung jaringan 4G. Kamu cukup menukarkan SIM card ke kantor cabang provider SIM terdekat, dan mulai berinternet dengan lancar.
 
3. Harganya masih sangat bersaing
Mengingat kualitas iPhone 5 yang tidak kalah tanding, tentu saja harganya masih cukup bersaing dengan produk smartphone lainnya. Walaupun begitu, harga tersebut masih tergolong murah mengingat fitur dan spesifikasi yang ditawarkannya.
 
4. Mengapa tidak iPhone 5c?
Banyak yang menyarankan untuk membeli iPhone 5c, namun iPhone 5 tetap bisa dijadikan pilihan. Spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan iPhone 5c membuat iPhone 5 refurbished dirasa masih layak bersaing. Apalagi jika melihat desain iPhone 5 yang terlihat lebih kokoh. Selain itu, desain iPhone 5 jauh lebih elegan karena bukan berbalut plastik.
 
Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga di Priceza sebelum berbelanja, ya!


priceza indonesia instagram priceza line

Follow Instagram dan Line Priceza untuk mendapatkan update dan promo menarik lainnya!


Geki Priceza
Priceza Shopping Expert
Gadget Expert
Saya suka dengan perkembangan teknologi, terutama smartphone, yang semakin pesat dan makin canggih aja. Karena sering cari-cari informasi tentang itu lah, saya jadi suka menulis tentang berita-berita teknologi terbaru. Selain info, saya juga suka nulis tentang tips-tips buat membantu pembaca lainnya

Bagikan komentarmu

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook