Tips Jitu Mengemas Barang Kebutuhan Mendaki Gunung


Update Terakhir 7 Nov 2016
| Artikel oleh : Isna Sna

Priceza blog competition 2016

Persiapan demi persiapan tentu dilakukan. Dari menyusun list barang bawaan, melengkapinya, hingga menatanya. Nah lho, masih ada kebutuhan outdoor yang belum komplit. Kesulitan untuk melengkapi kebutuhan outdoor? Tinggal belanja online untuk menghemat waktu. Selanjutnya adalah packing. Tampaknya sepele, tapi kalau salah strategi akibatnya fatal. Wewww... segitunya kah? Yes. Berat beban carrier bisa tidak merata. Sehingga akan timbul rasa tidak nyaman pada tubuh, terutama bagian punggung dan bahu.


persiapan backpacking
 
Munculnya film 5 cm memicu berjamurnya para pendaki gunung. Terlebih panorama yang tersaji di ketinggian beribu-ribu meter dari permukaan laut itu sangat medsos-able. Tingkat kekerenan seseorang langsug ter-upgrade saat fotonya terpampang dengan latar pepohonan menjulang berselimut kabut rindang. Belum lagi suguhan suasana terbit dan tenggelamnya sang surya, rasanya bagai serpihan surga yang dicicipi Sang Pencipta.

Baca juga: 
Daftar Harga Produk Eiger Terbaru

Momentum Hari Pahlawan yang akan berlangsung hitungan jari ini tampaknya bisa jadi waktu yang tepat untuk melakukan mountaineering bersama sahabat. Suasana heroik akan sangat terasa ketika sama-sama berjuang untuk menuju puncak.  Agar kalian terhindar dari hal yang amat-sangat tak diinginkan, ada baiknya pantengin beberapa cara cerdik berikut:
 
1. Klasifikasi Barang Bawaaan
Pilah-pilah dan golongkan barang bawaan menjadi 3 bagian. Yakni berat, sedang, dan ringan. Tiga golongan barang ini nantinya akan menempati carrier bagian bawah untuk yang ringan, tengah untuk yang sedang, dan yang berat berada di posisi paling atas.

Hal ini bertujuan agar beban barang berat tidak bertumpu di pinggang yang menyebabkan susah berjalan dan membuat energi cepat terkuras. Di samping itu, beban kanan-kiri pun kudu diperhatikan agar beratnya seimbang. Agar bahu terasa nyaman saat menopang carrier dan membantu kalian menyeimbangkan diri saat jalan.

 
2. Masukkan Barang dalam Plastik
Satukan barang-barang yang memiliki fungsi yang sama, kemudian masukkan dalam kantong plastik. Hal ini dapat memudahkan kalian ketika akan menggunakannya. Seperti peralatan mandi, peralatan makan, sleeping bag, atau baju ganti.

Kantong plastik berguna agar melindungi barang-barang tersebut dari hujan. Memang sih carrier kalian dilengkapi oleh rain cover. Namun seringnya itu saja belum cukup. Lagipula nggak ada salahnya kan double protection?

 
3. Manfaatkan Ruang Kosong
Agar barang yang diinginkan dapat terangkut semua, manfaatkan ruang sebaik-baiknya. Set barang sedemikian rupa. Seperti nesting yang melompong dapat diisi dengan beras, telur, atau bahan makanan yang lain.

Pakaian dapat digulung hingga kecil, lalu ikat dengan karet. Ketika meletakkan barang, hindari ada celah kosong. Dengan demikian, kalian bisa lebih efisien.

Baca juga: 
Destinasi Hiking Terbaik di Indonesia Tahun 2016
 
4. Jadikan Matras Sebagai Frame
Memang akan lebih simpel, bila matras digulung kemudian diikat di samping, atas, atau bawah carrier. Tapi tahukah kalian kalau keberadaan gulungan matras itu ganggu banget? Terlebih bila harus melewati ranting-ranting pepohonan dan menuntut kalian untuk jalan merunduk.
 
5. Bawa Tas Tambahan
Barang-barang printilan namun sangat dibutuhkan saat darurat macam obat-obatan, makanan ringan, id card, headlamp, serta ponsel sangat disarankan untuk diletakkan di luar carrier. Bawa tas tambahan berukuran kecil. Seperti waistbag atau backpack berkapasitas kecil.

Nah, sekarang tinggal belanja cerdasnya. Nggak perlu deh japri-japrian sama si penjual cuman untuk nanya harga, karena kalian bisa cek harga sebelum berbelanja sendiri. Tinggal ketik keyword yang dicari, beraneka macam barang yang dimaksud muncul. So, what you waiting for? Cusss stalking ke Priceza Indonesia. Banyak barang-barang oke plus harga yang sip.
 
Mau artikel kamu di baca oleh banyak orang?
Gabung jadi kontributor Priceza, yuk! Caranya mudah dan bisa kamu lihat disini.
 
line priceza_id
 
Mau terus update dengan promo dan penawaran menarik? Add Line kita di @priceza_id
 

Isna Sna
Kontributor
Rookie Writer
Istri sholihah (semoga, aamiin) yang suka nulis, kelayapan ke tempat-tempat baru (yang indah, sejuk, nantang adrenaline dikit bolehlah, yang penting foto-able) masak, dan... makaaann!! ^___^

Bagikan komentarmu

Harga Tas Hiking Carrier

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook