Tips Membuat Kartu Nama Sesuai Dengan Pribadi Kamu

Update Terakhir 3 Apr 2017
| Artikel oleh : Agung Kurniawan Sihombing

Priceza blog competition 2016

Kartu nama merupakan hal yang wajib bagi setiap orang yang telah bekerja. Selain fungsi pengenalan, kartu nama juga memiliki dampak yang sangat besar dalam hubungan sosial Anda. Terutama, di era yang semakin banyak persaingan, sangat penting untuk memikiran bagaimana Anda mempromosikan diri Anda. Sebagaimana fashion menggambarkan kepribadian, begitu pula dengan kartu nama. Kartu nama adalah cerminan diri Anda. 


Kesesuaian antara kartu nama dan diri Anda atau jasa yang Anda tawarkan adalah hal yang penting. Hubungan antar orang pastilah dimulai dari rasa percaya. Kartu nama juga merupakan salah satu cara untuk membangun kepercayaan tersebut. Dengan kejelasan status yang Anda berikan di kartu nama, orang lain pasti akan melihat hal tersebut sebagai cerminan profesionalitas.
 

Kartu Nama


Dengan didapatkannya kesan pertama yang baik serta kepercayaan, pastilah Anda akan mendapatkan relasi yang lebih banyak. Dengan begitu, kartu nama juga dapat dikatakan sebagai alat marketing yang tepat dan memberi kesan.

Pandangan pertama adalah kesan yang paling membekas dalam suatu hubungan. Oleh karena itu, kesan pertama yang baik adalah hal yang pertama kali ingin kita dapatkan. Design-lah kartu nama Anda semenarik mungkin agar dapat memberi kesan tersebut.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat Anda ingin membuat kartu nama Anda.

 

1. Tentukan Tujuan

Kartu nama haruslah berisi informasi yang penting dan dipaparkan secara padat, jelas dan menarik. Bertele-tele dan terlalu banyak memuat informasi adalah hal yang harus dihindari. Oleh karena itu, pertama sekali tentukan tujuan pembuatan kartu nama Anda. Apakah kartu tersebut berisi status Anda saja, atau merupakan kartu untuk bisnis. Setelah itu, Anda juga harus mengetahui target Anda. Apakah masyarakat, atau orang-orang dalam kalangan tertentu saja.
 

2. Jelaskan Diri Anda

Baik tujuan Anda untuk mempromosikan diri atau perusahaan, Anda harus memiliki penjelasan mengenai kartu teresebut. Jika itu adalah kartu pribadi Anda, maka isi kartu tersebut dengan keterangan mengenai siapa Anda (pekerjaan, jabatan, dsb.). Begitu pula dengan kartu bisnis, maka Anda harus menyebutkan di bidang apa bisnis Anda bergerak dengan penyampaian yang baik dan benar.
 

3. Rancang Kartu Anda

Setelah Anda menentukan tujuan dan informasi diri yang tepat dan jelas untuk kartu Anda, maka Anda siap untuk melakukan rancangan kartu. Seperti yang dipaparkan di atas, kartu Anda harus bisa mencerminkan diri Anda sekaligus memberi kesan yang baik terhadap Anda.

Dalam men-design, ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan:


a. Bahan dan Jenis Cetakan

Terdapat bermacam jenis kertas yang digunakan dalam membuat kartu nama. Contohnya art cartoon, kertas linen, dan kertas ivory. Sedangkan jenis cetakan misalnya thermal printing, emboss printing dan offset printing. Kedua hal ini penting untuk diperhatikan dalam menambah nilai dari kartu Anda. Terutama bagi Anda yang menduduki jabatan yang cukup penting, tentu hal ini menjadi pertimbangan utama untuk mencerminkan kualitas kartu tersebut. Hal ini dapat Anda diskusikan dengan pihak percetakan, agar bahan dan jenis cetakan yang Anda dapatkan sesuai keinginan Anda.

b. Typography

Terdapat banyak jenis tulisan yang dapat Anda gunakan. Namun, yang paling penting adalah ketepatan pemilihan. Dalam kartu nama, hindari tulisan yang sulit untuk dibaca. Tujuan kartu nama adalah memberikan informasi yang jelas, sehingga tidak ada gunanya menggunakan font yang berlebihan. Jarak antar font serta spasi juga perlu diperhatikan. Typography juga memegang peran penting dalam menunjukkan kualitas kartu.

c. Bentuk Kartu

Pemilihan bentuk juga merupakan alasan dari penentuan tujuan tadi. Kebanyakan kartu nama berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang muat untuk dimasukkan ke dompet atau sekitar 9×5 cm. Hal tersebut dimaksudkan agar orang yang Anda berikan kartu akan menyimpannya ke dalam dompet atau tempat kartunya.

 

4. Tambahkan Info Menarik

Banyak kartu nama yang terbuang sia-sia. Tujuan tidak sampai, justru hasilnya adalah pengeluaran yang sia-sia. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya daya tarik dan fungsi dari kartu tersebut bagi masyarakat awam yang memegangnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memikirkan alasan bagi seseorang untuk tetap menyimpan kartu Anda untuk menghindari resiko tersebut dengan memberikan sedikit info yang menarik.
 

5. Bandingkan

Untuk menilai, kita pasti perlu hal yang menjadi pembanding. Bandingkanlah kartu Anda dengan kartu-kartu lain yang sejenis, baik dari tujuan, design maupun info menarik yang diberikan. Tentu Anda tidak mau bila kartu Anda sama atau malah kurang menarik dari kartu nama milik orang lain. Oleh karena itu, cari ide-ide lain dari berbagai sumber yang ada untuk hasil kartu nama yang memuaskan.

Selain masalah kualitas kartu, Anda juga perlu membandingkan harga yang dikeluarkan jika Anda memilih bentuk kartu tertentu. Anda bisa bertanya atau pun mencari dari internet mengenai biaya dalam pencetakan kartu. Tentu Anda tidak ingin pengeluaran Anda untuk kartu tersebut menjadi lebih besar dari pengeluaran-pengeluaran yang lainnya. Dan setelah Anda memiliki kartu nama Anda, pastikan juga Anda memiliki Card Holder yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan Kartu Nama Anda. Tidak usah repot, Priceza Indonesia telah memberikan akses informasi harga dari segala jenis Card Holder yang ada, dan ingat untuk Cek Harga Sebelum Berbelanja!

Itu dia tips dari saya mengenai kartu nama. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. Selamat beraktivitas!

Mau artikel kamu di baca oleh banyak orang?
Gabung jadi kontributor Priceza, yuk! Caranya mudah dan bisa kamu lihat disini.

 

line priceza_id
 

Mau terus update dengan promo dan penawaran menarik? Add Line kita di @priceza_id
 

Agung Kurniawan S
Kontributor
Rookie Writer
Halo,saya menyukai sastra, seni dan psikologi. Dengan sastra saya dapat menambah wawasan tentang banyak hal dan cara berpikir, dengan seni saya mendapat sudut pandang baru sekaligus menyampaikan arti lewat komunikasi visual, dan dengan psikologi kita dapat saling mengerti sesama manusia. Salam!

Artikel terkait

Bagikan komentarmu

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook