5 Toko Online Dengan Promo Gratis Ongkir Terpopuler

Update Terakhir 15 Mar 2017
| Artikel oleh : Franciscus Zheng

Era teknologi yang berkembang di Indonesia saat ini memudahkan kita untuk berbelanja yang dapat diakses dari komputer hingga applikasi pada smartphone. Banyaknya situs belanja online yang menawarkan berbagai macam produk dan kebutuhan bagi pelanggannya. Tapi apakah kamu tahu ada situs - situs terpopuler yang menawarkan gratis ongkos kirim atau ongkir untuk pelanggannya? Kali ini kita akan mengulas tuntas mengenai tren, pola belanja online, dan situs yang memberikan pilihan gratis ongkir untukmu!


Tak pelak kemudahan teknologi dan infrastruktur teknologi yang terus ditingkatkan oleh pemerintah Republik Indonesia saat ini menyebabkan era golden age of technology. Para praktisi dan pelaku kegiatan niaga mulai melebarkan sayapnya ke arah industri dan ranah online. Pertumbuhan teknologi makin pesat dan menggiurkan bagi sentral - sentral industri khususnya UMKM.
 
Salah satu fakta yang mendasari pertumbuhan dan perkembangan teknologi ini adalah semakin banyaknya produsen smartphone yang berkembang di Indonesia dan dunia. Sebut saja brand terkemuka seperti Apple dan Samsung yang head to head menjembatani fasilitas niaga - transaksi konsumennya dengan fitur seperti Apple Pay, Integrasi Google Wallet, Samsung Pay, hingga Touch Id untuk memudahkan konsumen bertransaksi dan berbelanja online

 
belanja online di indonesia
 
TREN BELANJA ONLINE DI INDONESIA

Konsumen yang disibukan oleh aktifitas dan rutinitas kesehariannya sering kali malas untuk melakukan mobilisasi dari satu tempat ketempat lainnya. Beberapa situs belanja online terkemuka menawarkan beberapa kemudahan seperti kemudahan untuk bertransaksi dan menggunakan aplikasi belanja online yang menawarkan gratis ongkir (ongkos kirim). Pola dan perilaku konsumen ini lah yang terus dipelajari oleh para pelaku industri niaga untuk memasarkan produknya.
 
Gairah dan tren belanja secara online inilah yang diperkirakan terus meningkat dari tahun ketahun. Jika dahulu konsumen enggan untuk melakukan transaksi secara online, kini hampir 80% pengguna smartphone di Indonesia, sudah melakukan transaksi elektronik untuk membeli barang atau jasa secara online.

Baca juga: 
Aplikasi Mobile Priceza Kini Lebih Mudah Digunakan

Metode pembayaran pun ikut ambil bagian dalam tren belanja online di Indonesia. Kepercayaan konsumen terhadap pihak - pihak yang dipercaya sebagai pihak ketiga penanggung jawab transaksi, seperti bank, aggregator payment  processor, atau pelaku niaga itu sendiri, menjamin keamanan dan kemudahan bertransaksi. Namun para penyedia dan pelaku niaga tersebut tetap mengedukasi konsumennya agar dapat berbelanja online dengan bijak.
 
Hal lain adalah bagaimana barang dapat sampai ke tangan konsumen. Metode seperti COD (Cash On Delivery) dan bermitra dengan para pelaku jasa distribusi (jasa titipan kilat) memudahkan barang untuk sampai dengan cepat. Salah satu fasilitas belanja online di Indonesia yang cukup populer adalah gratis ongkos kirim (ongkir).

 
5 TOKO ONLINE YANG POPULER KARENA GRATIS ONGKIR
 
1. Bhinneka
belanja online di bhinneka
 
Bhinneka mempunyai misi "Menjadi webstore nomor satu di Indonesia yang menyediakan kelengkapan dan kemudahan belanja, serta memperhatikan dan memberikan pengalaman belanja yang berkesan kepada pelanggan, melalui nilai-nilai delapan dimensi pengalaman.". Misi ini sudah dilakukan hampir 2 dekade.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, Bhinneka juga mengusung aplikasi belanja online gratis ongkir lewat taglinenya “Free Shipping ke lebih dari 100 kota di Indonesia”. Jadi untuk kamu yang melirik fitur gratis ongkir, Bhinneka adalah salah satu toko online yang populer karena pilihan tersebut.

 
2. MatahariMall
belanja online di mataharimall
 
MatahariMall pertama kali diperkenalkan oleh Lippo Group pada awal tahun 2015 lalu. Matahari Mall mengusung konsep O2O (online-to-offline dan offline-to-online), yang memungkinkan semua konsumennya untuk membayar, mengambil, dan mendapatkan kemudahan pengembalian produk (retur) disemua oultet Matahari Store di Indonesia.
 
Selain itu untuk menjadi situs belanja online terbesar di Asia Tenggara, MatahariMall melakukan adopsi yang sama seperti yang dilakukan oleh pioner ecommerce di Indonesia, Bhinneka.  Adopsi itu salah satunya adalah memberikan gratis ongkos kirim untuk pelanggannya.
 
Produk bayi yang dijual di MatahariMall.com sudah dijamin kualitasnya dan berasal dari merek ternama. Untuk mendapatkan semua kebutuhan ini juga tidak sulit, karena berbelanja semua produk kebutuhan bayi di MatahariMall.com mendapatkan gratis ongkir," kata Head of Perfomance Marketing MatahariMall.com Timothius Martin.

 
3. Lazada
belanja online di lazada
 
Seperti yang kita semua ketahui nama Lazada tidak hanya dikumandangkan di Indonesia, negara - negara tetangga sebut saja Malaysia, Vietnam, Filipina, hingga Thailand memiliki perwakilannya masing - masing. Jaringan Lazada di Asia Tenggara tergolong besar. Lazada mempunyai konsep “Effortless Shopping" / "Belanja gak pake ribet".

Lazada menawarkan pengalaman belanja online maksimal kepada konsumen ketika berbelanja. Kemudahan dan integritas untuk memilih produk yang diinginkan, kemudahan bertransaksi, kemudahan untuk mendapatkan barang, hingga aplikasi belanja online untuk selalu up-to-date dengan setiap promosi dan produk yang mereka tawarkan.
 
Lazada menyediakan layanan pengiriman gratis* untuk produk yang dibeli oleh konsumen. Apabila konsumen ingin melakukan pengembalian barang, konsumen dapat mengirimkannya secara gratis melalui kantor pos terdekat.”, penjelasan yang kami kutip dari situs resmi Lazada.

 
4. BukaLapak
belanja online di bukalapak
 
BukaLapak adalah online marketplace di Indonesia yang menerapkan model bisnis customer-to-customer (C2C / Konsumen-ke-Konsumen). Berbeda dengan 3 situs belanja online yang sudah dibahas sebelumnya. BukaLapak memang tidak melulu menawarkan gratis ongkir, karena BukaLapak hanya menjembatani antara penjual dan pembeli. Namun, beberapa merchant yang sudah terverifikasi oleh management BukaLapak, menawarkan opsi untuk gratis ongkos kirim.
 
Hal ini dilakukan para merchant mengingat ongkos kirim yang dibebankan kepada pembeli suatu produk acap kali menguras kantong. Bayangkan, pembelian suatu produk mungkin saja lebih murah ketimbang ongkos yang dibebankan.

beberapa strategi BukaLapak untuk isu ini diantaranya dengan memberikan kode voucher untuk mendapatkan potongan harga atau bahkan gratis ongkos kirim atas produk yang di beli. Belum lama ini juga, BukaLapak mengkampanyekan Parade Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) yang tentunya menjadi incaran utama para pembelanja online Indonesia.
 
5. Tokopedia
belanja online di tokopedia
 
Tokopedia lebih menyasar pada sentra industri UMKM, dimana para produsen dapat memasarkan langsung produk buatan mereka. Dengan terdaftar menjadi anggota di Tokopedia, baik konsumen maupun penjual dimudahkan untuk melakukan transaksi niaga.

Dikutip pada halaman press releasenya, Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto kemudian mengutarakan latar belakang peluncuruan fitur baru menggunakan kartu hadiah. “Bagi kami e-commerce harus inklusif, tidak ekslusif. Namun masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum pernah melakukan transaksi online karena berbagai kendala,” terangnya.

Lewat inisiatif gift card ini, masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa berbelanja online bisa memberikan kerabat atau kenalannya pengalaman bertransaksi online. Caranya adalah dengan memberikan hadiah berbentuk gift card yang kemudian bisa di-redeem di Tokopedia untuk membeli barang maupun membayar kebutuhan sehari-hari mereka, seperti pulsa, listrik, BPJS dan sebagainya,

Sama seperti BukaLapak, tidak semua penjual di Tokopedia menawarkan opsi gratis ongkos kirim, namun setiap beberapa waktu tertentu, Tokopedia memberikan promo gratis ongkir kepada penggunannya melalui pembagian kode voucher dan promo-promo belanja lainnya.

Baca juga: 
Tips Aman dan Nyaman Berbelanja di Online Shop

 
KEMUDAHAN BERBELANJA ONLINE

Tren berbelanja online saat ini sudah didukung oleh pemerintah dengan menggadakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Kampanye ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 12 Desember 2012 dan didukung oleh situs - situs belanja online terkemuka yang ada di Indonesia, antara lain; Lazada, Zalora, BeryBenka, Bilna, Traveloka dan sebagainya.
 
Kembali ke gratis ongkir, untuk mempermudah dan memberikan fasilitas purna jual yang baik untuk setiap pelanggannya, situs - situs belanja online seperti yang sudah dijabarkan diatas memiliki berbagai keragaman dan kesamaan untuk memudahkan dan membantu penjual dan pembeli. Bagi pembeli, tawaran dan kemudahan gratis ongkos kirim adalah hal yang membantu mereka untuk mengurangi beban biaya. Bagaimana dengan kamu, punya toko online favorit?

 

Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga di Priceza sebelum berbelanja, ya!


priceza indonesia instagram priceza line

Follow Instagram dan Line Priceza untuk mendapatkan update dan promo menarik lainnya!

Franciscus Zheng
Kontributor
Rookie Writer
Franciscus is Head Deputy Senior Creative Director of Benang Merah Komunikasi Indonesia, Producer, an Artist, and a friend. He also has a passion for motivate people and inspire them. You can also see his articles at Priceza.

Bagikan komentarmu

Cari produk yang ingin dibandingkan disini.

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook