Tips Membuat Flat Lay Instagram Agar Selalu Terlihat Menarik

Update Terakhir 11 Okt 2017

priceza blogger of the month 2017

Flat lay merupakan tren foto objek dengan permukaan datar atau rata. Biasanya, gaya foto flat lay digunakan untuk memotret objek yang diatur sedemikian rupa hingga jadi terlihat menarik. Objek flat lay pun bermacam-macan, seperti pakaian, sepatu, tas, produk kecantikan, makanan, minuman. buku dsb. Tren foto flat lay ini semakin menjamur dengan adanya jejaring sosial Instagram. Jadi di artikel kali ini, saya akan membahas langkah-langkah dan tips dalam membuat foto flat lay dan apa saja yang harus dipersiapkan!


Bekerja sebagai content creator membuat saya harus kreatif dalam menciptakan hasil styling produk di setiap foto untuk mewakili brand-brand yang bersangkutan. Karena beda brand, pasti beda karakteristik yang ingin ditonjolkan.
 
tips membuat foto flat lay yang baik
Salah satu jenis foto flat lay yang populer adalah makanan, sumber: Dokumentasi Fahad Scale

Saya pun harus mengerti langkah dan konsep yang saya buat dalam menciptakan konten untuk brand yang satu dengan yang lainnya. Salah satu konten yang saya buat untuk brand adalah teknik foto flat lay.
 
tips membuat foto flat lay ig
Foto flat lay populer lainnya adalah fashion dan lifestyle, sumber: Dokumentasi Fahad Scale

Terkadang kamu suka bosen nggak sih kalau posting foto di Instagram, tapi hanya foto selfie dan OOTD mulu? Kalau bosen, kini saatnya kamu beralih untuk membuat foto flat lay. Saya menjamin foto flat lay ini bisa membuat tampilan Instagram kamu jadi semakin menarik dan menambah followers juga likes di setiap foto.

Baca juga: 
Inspirasi Gaya Ala 7 Fashionista Insta-Blogger Indonesia

Lalu bagaimana ya, caranya membuat foto flat lay yang menarik? Ini dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:
 
1. Tentukan tema flatlay
Hal ini sangat penting untuk menentukan fokus dari foto flat lay yang akan kamu buat. Misalnya kamu mau memotret tas, maka kamu bisa membuat flat lay isi tas dengan tema “what's on my bag?”. Contoh lainnya adalah menu sarapan pagi di hari minggu dan perpaduan outfit dengan alat makeup. You decide!
 
2. Styling / menata komposisi objek
Objek yang akan difoto dapat dirubah sesuai selera. Kamu bisa merubah-ubah letak objek yang akan difoto hingga mendapatkan komposisi yang terbaik menurutmu. Setelah selesai menata, coba di foto sekali, lalu perhatikan apakah posisi letak produk sudah benar? Jika masih ada yang kurang pas, kamu bisa membenarkan dan mengatur ulang.
 
3. Tambahkan property sebagai pelengkap
Foto flat lay membutuhkan “bumbu” pelengkap yang bertujuan agar foto menjadi lebih atraktif. Bumbu pelengkap disini bukanlah bumbu untuk masakan, melainkan property pelengkap yang bisa membuat foto jadi lebih hidup dan terlihat “Instagramable”.

Property yang bisa kamu gunakan antara lain, tumbuhan seperti daun monstera, kaktus, bunga, atau bagian tubuhmu sendiri (tangan / kaki).

 
4. Bermain dengan ruang kosong
Foto flat lay tidaklah harus selalu menggunakan objek yang banyak. Kamu dapat bermain dengan ruang kosong. Memberi jarak antara objek yang satu dengan yang lain. Misalnya kopi, laptop, kacamata dan dedaunan yang ditata disamping kanan, sementara bagian kiri dibiarkan kosong tanpa objek.
 
5. Foto dari berbagai angle
Setelah selesai styling objek, kamu bisa memotret sebanyak-banyaknya dari berbagai angle yang berbeda. Hal ini dilakukan agar kamu memiliki beberapa pilihan foto yang sesuai. Fotonya harus difoto tegak lurus dari atas.
 
6. Pencahayaan yang natural
Natural light is the best when you take photos! Pencahayaan terbaik saat foto flat lay adalah cahaya natural. Pilih tempat foto di ruangan terbuka, di samping jendela atau di ruangan yang banyak masuk cahaya.

Tujuannya agar hasil foto tetap terlihat natural juga. Sangat disarankan untuk melakukan kegiatan foto dipagi hari, sekitar  jam 6 - 9 pagi, atau sore mulai dari jam 3 - 5 sore, karena pada jam-jam tersebut merupakan waktu yang baik untuk memotret.

tips foto flat lay
Foto flat lay juga bisa berupa kombinasi. Contohnya makanan dan gadget, sumber: Dokumentasi Fahad Scale
 
Sudah siap berkreasi dengan foto flat lay? Next step setelah memotret selesai, pilihlah beberapa foto terbaik untuk di post di Instagram. Tapiiiii ,sebelum di post, ada baiknya kalau diedit dulu.

Editing foto Insta bisa disesuaikan dengan selera kalian masing-masing dan menyesuaikan dengan tema foto. Penggunaan filter melalui aplikasi editing dapat menarik followers dan menambah jumlah likes pada foto yang di posting. Ini dia 5 aplikasi edit foto dari smartphone yang recommended:

 
1. Vscocam
Vscocam ini sudah menjadi rahasia umum sebagai aplikasi favorit para selebgram untuk mengedit foto sebelum di posting di instagram. Kamu bisa mengedit foto menggunakan berbagai macam filter karena aplikasi ini memiliki banyak filter yang bisa didapat secara gratis atau bisa juga membelinya.
 
2. Snapseep
Banyak sekali fitur yang ada dalam aplikasi Snapseed. Kamu  bisa mengatur brightness, contrast dan memberikan efek dramatis hingga mempertajam foto. Snapseed juga memiliki fitur “healing” untuk menghilangkan objek-objek “pengganggu” yang nggak kita inginkan.

Misalnya ada noda / coretan di background foto, dapat dihilangkan dengan menggunakan “healing, Caranya cukup di tap tap tap pada bagian objek yang ingin dihilangkan (untuk lebih jelasnya saya menyarankan untuk melihat tutorial video di Youtube).

 
3. Lens Distortion
Jika kamu memotret objek di samping jendela atau di ruangan terbuka dengan memanfaatkan cahaya matahari, kamu bisa menambahkan efek sinar matahari yang seolah-olah memberikan pantulan cahaya di foto.

Penambahan efek sinar matahari ini bisa diatur opacity-nya. Tapi jangan terlalu berlebihan karena nggak semua foto cocok dengan efek sinar matahari, loh!

 

4. A Color Story

Buat pecinta tema colorful, aplikasi A Color Story merupakan aplikasi edit foto yang wajib dimiliki. Warna-warni di foto dapat di edit jadi lebih pop up. Di aplikasi A Color Story terdapat banyak tools dan filter yang dapat kamu atur sendiri.
 
5. SKRWT
Aplikasi SKRWT dibuat khusus untuk memperbaiki foto, meluruskan foto yang miring, membuat foto horizontal dan vertikal sesuai yang sebenarnya serta membuat persepektif foto. Aplikasi ini sangat berguna untuk bereksperimen dengan angle.

Baca juga: 
Kamera Terbaik yang Sering Digunakan oleh Youtuber Indonesia
 
Last but not least, kamu dapat memaksimalkan hasil foto dengan mengedit di dua atau lebih aplikasi berbeda. Karena tidak ada aturan khusus dalam mengedit foto, semua kembali ke selera masing-masing dan lagi-lagi kreativitasmu sangat diasah dalam menciptakan hasil foto serta editan.

Sebenarnya susah susah gampang membuat foto flat lay Instagram karena memang membutuhkan usaha agar hasilnya WOW! Tapi kalau sudah terbiasa pasti akan lebih mudah. Kuncinya jangan mudah putus asa, practice makes perfect!

 
Ingin tulisan kamu dimuat di Priceza? Cari tahu caranya disini dan
Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga sebelum berbelanja, ya!


instagram priceza indonesia
Fahad Scale
Kontributor
Exclusive Writer
Starting my career in fashion as a Blogger / Content Creator and Stylist, Graduated from major Public Relations and Marketing Business Communication then became PR and Marcomm in retails fashion company. I breath in fashion, I live for fashion, I love fashion! I AM A FASHION SLAVE!

Bagikan komentarmu

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook