Apple Resmi Mengumumkan Harga iPhone X dan iPhone 8 Terbaru

Update Terakhir 13 Sep 2017

Sebelum flagship baru Apple diumumkan secara resmi pada tanggal 12 September 2017, banyak rumor yang mengatakan bahwa perusahaan asal Amerika Serikat ini akan menamakan smartphone terbarunya dengan sebutan iPhone X, namun beberapa pemerhati IT juga mengatakan bahwa nama yang akan dipakai adalah iPhone 8. Apple menjawab rumor ini dengan merilis keduanya sekaligus! Seperti apa dua smartphone ini dan apa yang membuat mereka berbeda sehingga Apple merilisnya sebagai dua produk terpisah? Priceza memberikan preview sebagai panduan kalian sebelum membeli.


iPhone X
 
Desain dan Tampilan
Dengan mengusung tema "it's all screen", Apple tidak bercanda dengan konsep yang mereka tawarkan. iPhone X hadir dengan tampilan layar penuh yang hampir menutupi seluruh bagian muka smartphone-nya. Tampilan layar penuh ini hanya menyisakan sedikit ruang untuk menempatkan speaker dan kamera TrueDepth dibagian atasnya. Desain kaca pada bagian depan dan belakangnya sangat menarik perhatian dan cantik!

harga iphone x
iPhone X, sumber: Apple

iPhone X memberikan layar Super AMOLED dengan teknologi Super Retina Display berukuran 5.8 inci yang cukup besar. Desain layar ini dibuat dengan menggunakan teknologi melengkung (cekung) yang cukup presisi, sehingga lekuknya pas dengan bezel yang sangat ramping. Keseluruhan desain smartphone berdimensi 143.6 x 70.9 x 7.7 mm ini memiliki rasio screen-to-body sebanyak 82.9%. 

Beratnya cukup ringan, hanya 174 gram saja. Bodi iPhone X telah mendapatkan sertifikasi IP67 yang berarti, smartphone ini memiliki ketahanan terhadap air dan debu/kotoran. Jadi jangan khawatir, deh kalau kalian ingin membawa iPhone ini sambil berenang di pantai atau mengambil video underwater. Tapi perlu diperhatikan ya, iPhone X hanya bisa bertahan hingga kedalaman 1.5 saja, dan waktunya pun terbatas hanya selama 30 menit.

 
Fitur dan Teknologi
iPhone X mengadopsi teknologi Face ID yang dapat mengenali bentuk wajah penggunanya dengan presisi sebagai salah satu pilihan keamanan. Fitur ini sekaligus sebagai password atau kata sandi ketika melakukan aktivitas. Dengan menempatkan smartphone didepan wajah, maka pengguna dapat membuka kunci, melakukan otentikasi, hingga melakukan transaksi pembayaran.

Teknologi Face ID bekerja dengan kamera TrueDepth yang mampu menganalisa lebih dari 30,000 titik pada wajah untuk menciptakan pemetaan keseluruhan wajah penggunannya. Setelah proses perekaman wajah selesai dilakukan, iPhone X hanya akan mengenali wajah penggunanya saja. Teknologi ini juga mempermudah dalam melihat notifikasi yang masuk ke smartphone tanpa perlu menekan tombol apapun.

Baca juga: 
iPhone 8 Rumornya akan Rilis dengan Nama iPhone X
 

Kamera

Apple tidak mau meninggalkan teknologi dual-camera atau kamera ganda dan iPhone X pun dibekali dengan kamera ini. Kedua kamera utama yang terletak dibagian belakang memiliki resolusi 12 MP dengan masing-masing aperture f/1.8 dan f/2.8. Kedua kamera ini memiliki kedua fungsi yang berbeda sehingga ketika digunakan secara bersamaan, akan menghasilkan foto dengan  kualitas DSLR entry level.

Kamera TrueDepth yang terletak didepan dibekali dengan resolusi 7 MP dengan aperture f/2.2. Untuk perekaman video, kamera utamanya dapat menghasilkan gambar berkualitas 2160@24/30/60fps dan 1080p@30/60/120/240fps. Sedangkan kamera depannya dapat menghasilkan video berkualitas 1080p@30fps dan 720p@240fps.

 
Spesifikasi dan Harga
Sistem operasi yang digunakan oleh iPhone X adalah iOS 11 terbaru dengan dukungan chipset Apple A11 Bionic dan CPU Hexa-Core. Memori internal yang disediakan sebesar 64 GB dan 256 GB dengan kapasitas memori RAM sebesar 3 GB. 

harga iphone x terbaru
iPhone X, sumber: Apple

iPhone X tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Space Gray dan Silver. Harga yang dipatok oleh Apple untuk smartphone ini cukup tinggi. Model dengan kapasitas 64 GB dibanderol seharga $999 atau sekitar Rp 13,2 jutaan. Sedangkan model 256 GB di jual dengan harga $1,149, atau sekitar Rp 15,2 jutaan. Cukup bikin kantong menangis, sih.
iPhone 8
 
 

Desain dan Tampilan

Berbeda dengan iPhone X yang bila dilihat sekilas saja langsung memberikan kesan yang wah dan fresh, iPhone 8 justru tampil biasa-biasa saja dan terkesan membosankan. Tapi bila diperhatikan, Apple melakukan sesuatu yang berbeda dengan konsep All-Glass Design. 

Desain ini menggabungkan konsep color-matched antara bezel dengan kaca yang melapisi bagian depan dan belakangnya. Kaca ini ditopang oleh rangka aluminum dengan aerospace-grade. Seperti X, iPhone 8 juga mendapatkan sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan debu dan dapat dibawa menyelam di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit.

 
harga iphone 8
iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, sumber: Apple

iPhone 8 diliris dalam dua versi, biasa dan Plus. Keduanya menggunakan jenis layar sentuh LCD IPS dengan teknologi Retina HD Display. Bentang layar iPhone 8 seluas 4.7 inci, sedangkan iPhone 8 Plus dibekali dengan layar sebesar 5.5 inci. Versi biasanya memiliki resolusi 1334 x 750 piksel (326 ppi) dan versi Plusnya memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel (401 ppi). 

iPhone 8 memiliki kesuluruhan dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm dengan berat 148 gram, dan iPhone 8 Plus dengan dimensi 154.4 x 78.1 x 7.5 mm, berat 202 gram. Jujur saja, kalau menurut kami, dimensi iPhone 8, bukan Plus, termasuk ukuran yang cukup nyaman bila digenggam, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. 
 
Fitur dan Teknologi
Secara umum, fitur yang ada pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tidak jauh berbeda dengan iPhone X. Begitu pula dengan teknologi yang disematkan didalamnya. Satu hal yang paling membedakan adalah fitur pemindai sidik jari, atau fingerprint sensor yang terletak pada home button. Kedua smartphone ini masih menggunakan tombol home fisik dengan berbentuk bundar di bagian bawah layar.
 
Kamera
iPhone 8 dibekali dengan kamera utama tunggal di bagian belakang bodinya. Kamera ini memiliki resolusi 12 MP dengan f/1.8. Lensa yang digunakan berukuran 28mm. Selain memotret, kamera ini juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 2160p@24/30/60fps dan 1080p@30/60/120/240fps. 

Berbeda dengan versi biasanya, iPhone 8 Plus dibekali dengan kamera ganda dengan resolusi 12 MP. Kedua kamera utama ini memiliki ukuran lensa 28mm dan 56mm dengan masing aperture f/1.8 dan f/2.8. 

Baik iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, sama-sama dibekali dengan kamera depan beresolusi 7 MP dengan aperture f/2.2 dan kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 1080p@30fps dan 720@240fps. Fitur-fitur standarnya antara lain adalah face detection, HDR dan panorama.

 
Spesifikasi dan Harga
Kedua model iPhone 8 berjalan dengan sistem operasi iOS 11 paling baru yang didukung oleh chipset Apple A11 Bionic dan CPU Hexa-Core. Ya, sama persis dengan spesifikasi yang ada pada iPhone X.

harga iphone 8 plus
iPhone 8, sumber: Apple
 
Harga iPhone 8 yang dibanderol oleh Apple adalah $849, atau sekitar Rp 11,2 jutaan, sedangkan harga iPhone 8 Plus di jual seharga $949, atau sekitar Rp 12,5 jutaan. Kedua harga tersebut untuk model 64 GB, sementara harga untuk model 256 GB-nya akan menyusul kemudian.

Nah, kira-kira kamu tertarik untuk mengganti iPhone lama mu dengan salah satu dari ketiga iPhone terbaru ini? Kalau melihat harganya, memang perlu dipikirkan masak-masak apakah worth it? Tapi Kalau dilihat dari desainnya, sih. Kita mau banget memiliki iPhone X yang keren itu. bagaimana denganmu?

 
Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga di Priceza sebelum berbelanja, ya! 

priceza rewwards
Geki Priceza
Priceza Shopping Expert
Gadget Expert
Saya suka dengan perkembangan teknologi, terutama smartphone, yang semakin pesat dan makin canggih aja. Karena sering cari-cari informasi tentang itu lah, saya jadi suka menulis tentang berita-berita teknologi terbaru. Selain info, saya juga suka nulis tentang tips-tips buat membantu pembaca lainnya

Artikel terkait

Bagikan komentarmu

Copyright © Priceza.co.id All Rights Reserved.
priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook priceza-share-feacbook